Mendapatkan Uang Lewat Menulis


Mediapenalaran.com – Banyak orang tidak menyadari bahwa potensi yang ada pada diri kita adalah menulis. Cerita-cerita pendek kita di Media Sosial atau coretan-coretan kecil di catatan pribadi keseharian, sedikitnya bisa mengingatkan kita bahwa Potensi itu ada namun kadang terabaikan.

Singkatnya menulis merupakan menuangkan isi pikiran anda lewat media Kertas atau Komputer dan sebagainya. Hal tersebut tentu merupakan rutinitas kita sehari-hari apalagi bagi pelajar, tinggal diatur secara Profesional, bisa jadi tulisan kita dapat menjadi sumber pendapatan walaupun tulisan kita tidak harus menjadi buku. Bagaimana caranya ? berikut sajiannya untuk anda.

1. Membuat Blog Kreatif

Internet telah menjadi konsumsi publik di era milenia sekarang ini, sebagian besar hal yang kita butuhkan bisa didapat melalui Internet, baik itu terkait dengan Ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, layanan dan bisnis dapat di search langsung dengan hasil yang relatif memuaskan.

Melalui blog yang kita isi dengan tulisan-tulisan kreatif dan menarik, tentu menjadi salah satu alternatif bagi para penikmat dunia Internet. Jika Blog anda telah terisi artikel dan tertata dengan rapi, besar kemungkinan pihak pengiklan seperti google adsense dan semacamnya akan bersedia menempatkan iklan mereka di Blog anda dan bersedia membayarnya dengan ketentuan tertentu.

Pertanyaan selanjutnya bagi mana membuat Blog atau Website ? gampang, search saja tutorial lengkapnya di Internet.

2. Penulis Kolom Koran atau Majalah

Tidak harus menjadi Wartawan untuk dapat menulis di Koran atau Majalah tertentu. Umumnya untuk mengakomodir opini publik, pihak Perusahaan Koran atau Majalah menyediakan Kolom Opini atau sejenis bagi para pembaca atau masyarakat umum.

Bagi anda yang mempunyai tulisan atau informasi aktual dan kritis dapat mengirimkan tulisan tersebut melalui alamat email yang telah disediakan. Tulisan yang menarik, sesuai aturan penulisan, dan dikirim secara rutin berpotensi besar diterbitkan oleh Redaksi Koran atau Majalah tersebut.

Namun kadang pihak Koran atau Majalah belum langsung merespon balik tulisan kita dengan transferan, bersabarlah. Perlu diingat juga, salah satu penilaian pihak surat kabar adalah konsistensi kiriman tulisan dari kita.

3. Self Publishing

Self Publishing artinya menerbitkan buku atau majalah secara mandiri (menulis, desain dan cetak sendiri).Bagi anda yang mungkin artikelnya tertolak pada surat kabar, anda bisa membentuk tim bersama teman atau secara personal membuat majalah dengan topik tertentu sesuai dengan sasaran pasar yang dituju.

Misalnya, jika kita berstatus sebagai mahasiswa, majalah yang paling tepat diterbitkan adalah majalah seputar informasi kampus dan mahasiswa.

Biasanya kalau di kampus-kampus besar sudah ada UKM Pers yang telah menerbitkan majalah kampus, tinggal kita ambil bagian didalamnya, atau memilih membuat kelompok dan menerbitkan majalah mingguan atau bulanan.

4. Aktif mengikuti Lomba Menulis

Lomba Menulis telah menjadi rutinitas yang mudah didapatkan. mulai dari Kementerian, Pemerintahan Daerah, Kampus, Sekolah atau Lembaga Pendidikan dan lain sebagainya. Informasi Lomba tersebar luas, di Internet dan publikasi lainya.

Untuk Kemenristekdikti misalnya, secara rutin mengadakan lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunnya dengan dukungan dana hibah untuk kegiatan/penelitian mahasiswa.

Banyak pilihan untuk anda yang mau menyalurkan minat dan bakat dalam hal menulis. Tinggal dipilih mana yang terbaik untuk anda kerjakan. Tinggalkanlah rasa malas anda, karena malas adalah sifat setan. Mau menyerupai setan ?

Dengan menulis anda juga bisa menuangkan pikiran tentang sesuatu hal yang anda kadang tidak sukai atau ide-ide kritis lainnya. Hal tersebut membuat anda kadang lebih lega perasaannya dan berkurang beban pikirannya. Tinggal dipoles sehingga bisa bernilai dan bermanfaat.

Pengalaman hidup, membaca buku, peristiwa dan cita-cita bisa menjadi inspirasi menulis anda yang kadang binggung menentukan topik tulisan. Mulailah dari di mana kamu berdiri, dan berusahalah dengan apa yang kamu miliki. []

Previous
Next Post »