Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan ?


Mediapenalaran.com – Persoalan yang rasannya sangat sulit dicarikan jalan keluarnya adalah mendapatkan pekerjaan yang layak.

Kondisi Ekonomi yang serba sulit sekarang ini, ditambah dengan tingginya tingkat persaingan sesama pencari kerja mengharuskan kita untuk cerdas melihat peluang yang ada.
 
Jika kita berada dalam posisi yang dinilai relatif biasa dalam hal kompetensi dan ketermpilan, pasti ada sebuah perasaan pesimis singgah di pikiran kita. Namun tidak perlu khawatir, kami akan menyajikan tips keren untuk anda para pencari kerja sebagai berikut:

Mengenal Potensi Diri

Sebelum mencari pekerjaan, pastikan kita dapat mengenal terlebih dahulu potensi atau kelebihan yang kita miliki baik itu keterampilan misalnya dalam pengoperasionalkan Komputer, Kompetensi Akademik dibidang tertentu yang dulu kita tekuni dalam bangku sekolah, atau mempunyai pengalaman dalam hal pekerjaan tertentu seperti menulis karena pernah menjadi wartawan pada majalah kampus saat aktif sebagai mahasiswa.

Memanfaatkan Fasilitas dan Kenalan

Mencari pekerjaan tidak harus melamar ke perusahaan orang lain, tapi dengan fasilitas yang ada kita bisa memulai sesuatu hal yang bisa mendatang keuntungan materi. Sebagai contoh, kita bisa memanfaatkan Komputer/Leptop beserta printer kita untuk usaha Jasa Percetakan atau Jasa Desain, blogger dan sebagainya. Kita juga bisa memanfaatkan kenalan atau koneksi kita yang mungkin sedang berjualan Buku, untuk kita bantu memasarkan dan menjual bukunya dengan modal Katalog/Daftar Buku yang tersedia dengan batuan Sosial Media.

Namun jika kita merasa kurang cukup dalam hal penghasilannya atau kurang cocok dengan pekerjaan yang kita lakoni, carilah pekerjaan ke perusahaan lain dengan memperhatikan jenis-jenis pekerjaan yang ditawarkan.

Rajin Mencari Informasi Lowongan Kerja

Informasi Lowongan Kerja adalah hal yang penting untuk kita dapatkan secara lengkap, mulai dari Tugas/Jabatan, Persyaratan yang harus dipenuhi, batas pemasukan Berkas, persiapan Tes hingga nomor kontak atau Alamat Kantor.

Hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan info seputar Lowongan Kerja yakni :

Social Media seperti facebook dan sejenisnya untuk mencari Akun-akun Khusus yang memposting informasi seputar Lowongan Kerja. Anda juga bisa memposting status bahwa anda sedang mencari pekerjaan, dengan tujuan supaya teman, saudara atau keluarga anda yang lain bisa tahu kalau saat ini anda sedang butuh pekerjaan, siapa tau mereka punya informasi tentang Rekrutmen atau Lowongan Kerja

Internet dapat juga dengan browsing/googling di situs-situs seputar Lowongan Kerja.

Surat Kabar atau Koran umumnya sering memuat iklan tentang Rekrutmen atau Lowongan Kerja. Kalau anda tidak bisa berlangganan, minimal anda bisa berkunjung pada Saudara atau kenalan kamu yang berlangganan.

Banyak Bertanya dan bersifat terbuka kepada Keluarga, Teman atau Kenalan yang sudah mempunyai pekerjaan. Jangan ragu meminta bantuannya untuk dipertemukan dengan pihak Pimpinan Perusahaan/Kantor tempat dia bekerja atau yang lain untuk membuka jaringan kerja.

Kelengkapan Berkas Persyaratan

Kelengkapan Berkas Persyaratan yang anda usulkan untuk proses awal Rekrutmen perlu diberikan perhatian serius. Cermatilah setiap baris surat Lamaran Kerja serta riwayat hidup yang telah dibuat. Penuhi seluruh persyaratan yang diminta Perusahaan/Kantor sehingga mereka tidak ragu untuk meloloskan anda ketahap selanjutnya.

Kelengkapan Persyaratan yang diminta ditambah dengan Sertifikat kegiatan atau kursus dan Piagam Penghargaan atas perstasi yang telah kita raih dapat menjadi nilai plus di mata tim Rekrutmen, dengan begitu kemungkinan kamu dipanggil interview lebih besar.

Memperkuat Mental  dan Kemampuan Bicara

Memperkuat mental kita sebelum melakukan Tes sangatlah penting karena jangan sampai kita gugup dan kehilangan konsentrasi ketika mengisi lembar ujian. Banyaklah membaca kisah inspiratif tokoh-tokoh besar dalam meraih sukses. Sementara itu, selain belajar untuk Ujian Tes, penting juga bagi anda agar terus melatih diri berbicara agar sukses melewati Tes Wawancara atau Interview. Latihan bersama teman dekat atau belajar sendiri di hadapan kaca mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin keluar ketika diwawancara sehingga bisa membuat anda lebih percaya diri.

Kenyamanan Kerja

Pekerjaan yang layak itu tidak selamanya harus dinilai dari berapa besar penghasilan yang didapat, namun jauh dari pada itu kenyamanan dalam pekerjaan bisa membuat kita dapat bertahan lebih lama dalam pekerjaan tersebut.

Setelah kita menemukan pekerjaan yang dianggap cocok, pastikan pekerjaan tersebut tidak menggangu keluarga, aktivitas sosial kita apalagi sampai menimbulkan dosa.

Kalau anda telah mengerjakan seluruh Tips yang kami berikan, perbanyaklah Silahturahmi karena hal tersebut dapat mengundang rezeki. Terakhir, perbanyaklah doa, dengan begitu usaha yang anda lakukan  akan berjalan lancar dan mudah.

Tunjukkan kemampuan terbaikmu, buat pihak Perusahaan/Kantor berpikir kalau mereka tidak rugi telah merekrut anda.[]
Previous
Next Post »