Tips Jitu Memulai Bisnis Sejak Kuliah


Mediapenalaran.com - “Jangan Menunggu, waktu tidak akan pernah tepat, mulailah dari dimana kamu berdiri dan berusahalah dengan apa yang kamu miliki.”

Kutipan di atas mungkin bisa membuat kita sedikit merenung, bahwa umumnya orang-orang itu dalam memulai bisnisnya terkadang terhenti hanya karena menunggu sempurna dalam hal persiapan sarana atau modal besar untuk usahannya.

Mungkin anda perlu menengok pengusaha kelas dunia yang merintis usahanya sejak di bangku sekolah atau perguruan tinggi. Misalnya, Microsoft dimulai dari kamar asrama Bill Gates di Harvard University, Google lahir di lingkungan kampus Stanford sebagai tugas mahasiswa komputer Sergey Brin dan Larry Page, atau seperti Mark Zuckerberg yang merintis situs jaringan sosial Facebook dari dalam kamar asramanya di Harvard.

Anda juga bisa melirik pengusaha nasional seperti Purdi Chandra yang merintis Primagama atau Elang Gumilang Pengusaha Properti yang merintis usaha dengan modal dan kemampuan seadanya serta masih banyak lagi yang kami tidak bisa jelaskan satu persatu.

“Keberanian dalam mengambil resiko adalah langkah pertama menuju kesuksesan.”

Menjadi miliarder seperti mereka mungkin masih jauh di awang-awang. Tetapi, tak salah jika bermimpi mendapatkan uang tambahan melalui bisnis kecil-kecilan ? Nah, supaya tak salah jalan dan mendulang sukses, intip 10 tips sukses buat pebisnis muda berikut ini:

1. Membaca Motivasi
Untuk memulai usaha tentu harus dorongan atau yang biasa disebut motivasi. Anda bisa mendapatkannya dengan membaca kisah sukses atau jatuh bangun para pengusaha saat merintis usahanya.

2. Lakukan Yang Anda Bisa
Hampir semua pengusaha muda memiliki biasanya pendirinya mempunyai kecenderungan melakukan apa yang mereka bisa lakukan plus mengerjakan apa yang mereka cintai kemudian dijadikan bisnis. Maka, pilihlah ide usaha kecil yang berhubungan dengan minat dan kesukaanmu, apa pun itu. Anda bisa mencari ide usaha yang mengeluarkan sidikit modal. Contohnya saja seperti menjadi pemasar atau reseller sebuah produk hanya dengan bekal katalog atau foto produk.

3. Jangan Takut Lakukan Sesuatu
Anak muda memiliki pemikiran yang segar, orisinil dan penuh energi. Jangan takut melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan siapa pun, misalnya membuat produk kreatif baru atau mengubah beberapa strategi pemasaran serta cara pendistribusian barang.

4. Manfaatkan Peralatan Seadannya
Ketika hendak merintis sebuah usaha, tak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus baru dan serba canggih. Untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang ada di rumah Anda. Contohnya saja seperti memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha, atau bisa juga memanfaatkan perabot di dapur sebagai alat produksi.

5. Pengaturan Waktu
Menjalankan bisnis sambil ngampus itu sangat sulit. Kamu perlu memahami apa saja yang perlu kamu penuhi untuk kedua peran yang dijalani, bisnis dan ngampus. Kemudian, gunakan metode paling efektif untuk mengatur kegiatan usaha dan perkuliahan agar berjalan seimbang.

6. Manfaatkan Status Mahasiswa
Menjadi mahasiswa bukanlah masalah dalam urusan bisnis. Sebaliknya, aktifitas ini bisa mendatangkan keuntungan. Misalnya, memanfaatkan jaringan internet gratis di kampus untuk mengelola bisnis online, merekrut pegawai dari kalangan teman-teman, atau meminta saran dosen sebagai tenaga ahli di bidang mereka. Dan yang paling keren ialah memanfaatkan program hibah wirausaha kampus sebagai modal awal.

7. Mencari Guru
Jangan minder berkenalan dan berteman dengan pengusaha lokal atau pebisnis dengan pencapaian gemilang. Mereka bisa menjadi mentor yang membantumu memahami risiko dan tantangan dalam sebuah bisnis. Mereka juga dapat menjadi rekan bertukar ide hingga memfasilitasimu dalam mendapatkan investor.

8. Perlu Rileks
Betapa pun teratur dan antusiasnya dirimu, ada masanya semua yang kamu jalani terasa begitu melelahkan. Jangan takut untuk menjauh sebentar dari semua kegiatan dan lakukan apa pun yang membuatmu rileks seperti nongkrong dengan teman-teman.

9. Kuat Mental
Kedepan setelah berjalan beberapa bulan anda mungkin akan merasakan beberapa ujian dalam bentuk kerugian dan sebagainnya. Perlu kekuatan mental dalam melewatinya. Bersiaplah !

10. Jangan Lupa Berdoa
Semua rezeki di dunia ini merupakan apa yang datang dari tuhan, jadi anda jangan sampai berdoa minta kepadanya.

“Hendaknya, setiap langkah kecil yang anda ayunkan pada hari ini mengarah ke tujuan besar anda pada masa mendatang.”

Demikian tips yang kami bisa bagikan kepada anda, semoga sedikit pengetahuan yang kami berikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Intinya Idea, Plan dan Action. []
Previous
Next Post »