Manfaat Kuliah Untuk Masa Depan


Mediapenalaran.com - Hidup adalah pilihan dan pilihan yang paling penting untuk hidup (masa depan) kita adalah Kuliah di Perguruan Tinggi. Tapi sebagian orang masih berpendapat apa keuntungan kuliah bagi mereka ?

Salah satu dorongan manusia dalam melakukan sesuatu umumnya mempertimbangkan keuntungan materi dan pahala yang didapat. Tanpa berlama-lama, berikut sajiannya untuk anda.

1. Menambah Ilmu Pengetahuan

Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, karena Ilmu Pengetahuan dapat mengantarkan kita menjadi paham arti kehidupan. Rasulullah saw pernah berpesan “Menuntut Ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim (HR. Ibnu Majah).”

Memang sih, tanpa masuk ke pendidikan formal katakanlah kuliah, kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun perlu diperhatikan bahwa keunggulan pendidikan formal lebih teratur dan lengkap dari segi pembelajaran, fasilitas dan waktunya, sehingga memudahkan peserta didik menyerap materi yang diberikan.

2. Mempermudah Mendapatkan Pekerjaan

Ilmu Pengetahuan yang kita dapatkan serta Gelar Sarjana dari Pendidikan Tinggi merupakan warisan produktif untuk karir di masa depan.

Dengan memiliki Ilmu dan Keterampilan praktis yang didapatkan saat kuliah dulu, kita akan mendapatkan peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan kesempatan kerja yang baik dan sesuai dengan keahlian kita. Apalagi untuk menjadi PNS sekarang syaratnya adalah Gelar Sarjana (S1) atau minimal diploma.

Bayangkan jika anda mendapatkan pekerjaan berkat Ilmu dan Gelar yang diperoleh pada masa lalu. pastinya anda telah mendapatkan jaminan pengahasilan tetap, tepatnya kemandirian finansial untuk anda dan keluarga.

3. Mewujudkan Impian

Setiap orang pasti punya mimpi atau cita-cita yang hendak dicapai. Dengan bekal ilmu yang tinggi, anda dapat mewujudkan mimpi-mimpi menjadi kenyataan.

Masa depan memang tidak bisa kita ketahui, setiap saat kondisi dapat berubah. Oleh karenanya kita harus selalu siap untuk menghadapinya. Dan dengan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan di bangku kuliah dulu dapat kita jadikan modal untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam meraih masa depan.

4. Membangun Daya Kritis

Organisasi Kemahasiswaan adalah tempat lahirnya para pemimpin masa depan. Kita bisa melihat para Tokoh atau Pejabat di sekitar kita yang dulunya aktif dalam pergerakan mahasiswa. Latihan berorganisasi dan berbagai aksi demo peduli negeri yang dilakukan mahasiswa secara otomatis  membangun daya kritis mahasiswa.

5. Tempat Mencari Pendamping Hidup

Mungkin anda pernah melihat teman anda yang mendapatkan pasangan hidupnya semasa kuliah. Tidak percaya ? Ada banyak pasangan yang bertemu saat kuliah. Manfaat kuliah satu ini, kadang terlewatkan, namun kita dapat mencobanya.[]

Previous
Next Post »